Saling Dorong Warnai Pemberangkatan Jamaah Calon Haji di Polman

POLEWALI,- Sedikitnya 455 Jamaah Calon Haji (Calhaj), yang tergabung dalam kloter 39 asal Kabupaten Polewali Mandar, diberangkatkan menggunakan 15 unit bus antar provinsi di Lapangan Pancasila, Polewali, Sabtu pagi (03/8/19).

Pemberangkatan calhaj berulang kali diwarnai aksi salong dorong antara kerabat jamaah dan petugas pengamanan dari Polisi dan Satpol PP. Aksi saling dorong dipicu, ulah sejumlah kerabat jamaah yang memaksa masuk ke lokasi jamaah calhaj berkumpul, kendati telah dilarang petugas.

Membludaknya jumlah pengantar calhaj yang mencapai ribuan orang, sempat menyulitkan petugas pengamanan. Apalagi tidak sedikit warga yang lalu lalang di jalan hingga nyaris terinjak bus yang akan membawa para jamaah calhaj.

Keributan antar sesama kerabat jamaah juga terjadi, lantaran terus terlibat dorong-dorongan. Kondisi ini memaksa petugas mengevakuasi sejumlah anak-anak, yang terjebak di tengah kerumunan warga yang terus berdesakan.

“ Bapak-bapak dan ibu-ibu, kami mohon agar tertib, jangan saling dorong dan jangan lalu lalang di jalur bus, karena itu sangat berbahaya, sekali lagi kami mohon supaya tertib, agar seluruh rangkaian acara (pemberangktan calhaj) hari ini bisa berjalan aman dan lancar “ himbau Kabag OPS Polres Polewali Mandar, Kompol Ramli melalui pengeras suara megaphone.

“Kan di rumah sudah sayang-sayangan, sudah kangen-kangenan dengan keluarga yang akan berhaji, masa belum puas juga “ canda Kompol Ramli.

Mendengar candaan tersebut, sejumlah kerabat jamaah langsung memberi respon dengan menjawab bahwa suasana mengantar kerabat berhaji memiliki semangat berbeda dengan mengantar kerabat ke tempat lain, “ Jangan begitu pak, ini kan sekali dalam setahun dan suasananya beda, siapa tau dengan mengantar kerabat yang akan pergi berhaji, tahun depan kita juga mendapat panggilan untuk menuju rumah Allah “ timpal salah seorang warga.

Ratusan jamaah calhaj ini akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Sudiang, Makassar, dan baru akan melanjutkan perjalanan menuju tanah suci Makkah, hari minggu besok. (Thaya)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.