Nelayan dan Pencita Alam Gelar Upacara Bendera di Laut Binuang

BINUANG ,- Berbagai cara dilakukan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) Republik Indonesia ke 74, salah satunya dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di laut, seperti yang digelar Komunitas Pecinta Alam Kalpataru Sulbar, di Perairan Pantai Bajoe, Kelurahan Ammassangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu pagi (17/08/19).

Upacara yang diikuti para nelayan dan sejumlah komunitas pecinta lingkungan ini dilakukan dengan menggunakan perahu nelayan. Untuk menjangkau perahu yang telah disiapkan panitia, peserta diantar menggunakan sepeda laut.

Para pengibar bendera juga menggunakan sepeda laut menuju tiang bendera tempat sang saka merah putih dikibarkan.

Walau digelar di permukaan laut, para peserta tetap antusias mengikuti upacara di bawah komando pimpinan upacara. Upacara juga dirangkaikan dengan pembentangan bendera merah putih sepanjang 44 meter dan lebar 2 meter.

Selain untuk mempererat tali silaturahim, upacara di laut ini sengaja digelar untuk meningkatkan semangat nasionalisme warga pesisir, “ Apa yang kami lakukan yang telah dipersiapkan selama sepekan lamanya, merupakan upaya kami untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan semangat nasionalisme masyarakat pesisir “, ujar Ketua Panitia, Lengke kepada wartawan.

Pelaksanaan upacara ini mendapat apresiasi dari sejumlah warga, khususnya tokoh masyarakat, “ Secara pribadi saya sangat mengapresiasi, karena secara tidak langsung kegiatan ini juga mengkampanyekan tentang lingkungan khususnya terkait kebersihan pantai, kita lihat sebelum kegiatan di gelar, teman-teman bersama warga ramai-ramai membersihkan pantai dari sampah “ pungkas Mustari Mula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.