Kisah Bhabinkamtibas di Mamasa Sulap Motor Dinas Jadi Perpustakaan Keliling

MAMASA,- Ada kisah inspiratif dari seorang anggota kepolisian di Mamasa, dia rela membagi waktunya menjadi pustakawan keliling. Hal tersebut dilakukan, lantaran prihatin dengan minimnya sarana buku bacaan anak-anak di pedalaman.

Untuk mendukung kegiatannya, sang polisi inspiratif menyulap motor dinasnya menjadi perpustakaan keliling. Sebuah boks kecil yang ditempatkan pada bagian belakang motor, diisi aneka buku bacaan, mulai dari buku pelajaran, cerita anak, hingga buku berisikan ilmu pengetahuan lainnya.

Buku-buku tersebut didapatkan dengan cara membeli dari hasil menyisihkan sedikit gajinya, serta sumbangan dari sejumlah penggiat literasi di daerah ini,  “ Ini semata-mata saya lakukan untuk meningkatkan pendidikan anak-anak khususnya mereka yang berada di daerah pedalaman, saya prihatin saat melihat masih ada anak di daerah ini kesulitan untuk membaca, apalagi karena kurangnya sarana buku bacaan “ kata Bripda Yusran kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Anggota Kepolisian yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Polsek Tabulahan, Polres Mamasa, Kabupaten Mamasa ini mengaku menjalankan aktifitasnya sebagai pustakawan keliling, saat jam istirahat pelajaran sekolah berlangsung, khususnya di sela kesibukan waktu dinasnya.

Polisi muda berusia 25 tahun ini rela menempuh perjalanan panjang melewati sejumlah medan terjal, untuk menjangkau lokasi pedalaman di daerah ini, untuk menularkan virus membaca pada anak-anak.

Kehadiran Bripka Yusran seolah sudah dinantikan para murid, mereka langsung bersorak gembira saat melihat polisi peduli pendidikan ini tiba di sekolah mereka membawa buku bacaan

Diakui Yusran, aktifitas sebagai pustakawan keliling dilakoni sejak bulan Februari 2019, “ Berawal saat saya melakukan penyuluhan Kamtibmas kepada warga, mulai dari situ saya terfikir untuk mengarahkan anak-anak agar tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif, salah satunya dengan cara memberikan mereka kesibukan dan wawasan melalui informasi yang terdapat dalam buku-buku bacaan yang sifatnya edukatif “ ungkapnya.

Selain di sekolah, aktifitas menyalurkan buku bacaan juga dilakukan Bripda Yusran pada sejumlah tempat yang sifatnya non formal, “ Pokoknya di mana saja, jika saya tidak sibuk dan melihat ada anak-anak yang berkumpul saya langsung singgah dan mengajak mereka untuk membaca buku-buku yang saya bawa “ pungkasnya.

Upaya yang dilakukan Bripda Yusran untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar anak-anak di daerah ini mendapat apreasiasi dari warga setempat, khususnya para guru tempatnya menyalurkan buku bacaan, “ Usaha yang dilakukan ini sangat luar biasa dan sangat saya apresiasi, saya berterima kasih atas usahanya memajukan dunia pendidikan “ ujar salah seorang guru SDN 015 Bakeng, Julita. (Thaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.