Mengenal “Rambo” Salah Satu Kandidat Sapi Qurban Jokowi di Sulbar

LUYO,- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah membeli seekor sapi yang akan diqurbankan pada hari raya Idul Adha 2019 mendatang. Sapi yang terpilih berjenis Simental , milik peternak bernama Abdul Rahim, warga Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar.

Sapi yang oleh pemiliknya diberi nama Tyson ini, berusia 3 tahun dengan bobot 1050 kilo, tinggi 179 centimeter dan panjang 2,1 meter, dibeli seharga 85 juta rupiah.

Selain Tyson, pemerintah setempat melalui dinas peternakan sempat menawarkan sapi lainnya, milik peternak bernama Madjid (50 tahun), warga Desa Mapilli Barat, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar.

Sapi milik Madjid juga berjenis Simental, namun dengan bobot yang lebih ringan yakni 900 kilo, tingg 150 centimeter dan panjang 2,8 meter. Karena memiliki ukuran yang sangat besar, sapi yang telah berusia 4 tahun ini diberi nama Rambo.

“ Beberapa hari yang lalu memang sempat ada petugas dari peternakan yang berkunjung dan melakukan pemeriksaan, katanya Rambo akan diusulkan sebagai salah satu kandidat sapi qurban Jokowi, tapi kabarnya sudah ada yang terpilih dari wonomulyo “ ungkap Madjid kepada wartawan, Sabtu kemarin (27/07/19).

Kendati sapi miliknya gagal dipinang Jokowi, tidak membuat Madjid menjadi berkecil hati, sebaliknya Madjid tetap merasa bahagia lantaran Rambo menjadi terkenal dan banyak warga yang datang, tidak hanya sekedar untuk melihat tetapi juga menawar Rambo untuk dibawa pulang, “ Memang sudah ada beberapa yang datang berkunjung, melihat-lihat dan menawar, tapi belum ada yang cocok harga “ ujar Madjid sambil tertawa.

Oleh karenanya, Madjid mengaku jelang hari raya qurban, perawatan dan pengawasan terhadap sapi kurban miliknya terus ditingkatkan, “ Ya namanya juga penjual, tentunya kita akan selalu berupaya agar sapi yang kami tawarkan segera terjual, salah satu caranya dengan meningkatkan perawatan agar sapi terlihat menarik dan bebas penyakit, yang tidak kalah penting mengenai pengawasan, ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan khususnya pencurian ternak yang biasa marak terjadi jelang hari raya “ jelas Madjid.

Bagi warga yang ingin meminang Rambo sebagai sapi qurban, sang pemilik membuka harga senilai 65 juta rupiah, namun jika ingin mendapatkan sapi kurban lainnya dengan harga yang lebih terjangkau, jangan khawatir karena dipeternakan miliknya, Madjid menyiapkan sapi yang bisa dibawa pulang dengan harga 9 juta hingga 15 juta rupiah per ekor. (Thaya)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.