Menu

Seperti apa Televisi 8K, seharga Rp 1,5 Miliar..?

Mereka yang mencari mengalaman menonton yang benar-benar nyata akan bersedia menghabiskan isi kantongnya demi memuaskan inderanya. Karenanya Samsung yakin televisi QLED 8K 98 inch yang dilepas dengan harga setara mobil akan ada yang membelinya di Indonesia.

“Kemarin sudah ada yang menanyakan kapan TV 8K yang 98 inch tersedia. Sayangnya memang baru bulan depan dirilisnya,” kata Ubay Bayunudin, Senior Product Marketing Manager TV and Audio Visual Samsung Electronics Indonesia.

QLED 8K 98 inch tidak sekadar menjual ukuran yang begitu besar. Sejumlah fitur-fitur yang dibawanya menjanjikan sensasi bioskop di rumah. Bahkan memberikan kesan nyata, membawa yang menonton masuk di dalamnya.

Berikut ini deretan fitur yang diunggulkan Samsung pada televisi 8K-nya:

Resolusi 8K

Buat Apa Bayar Rp 1,5 Miliar untuk Sebuah Televisi 8KFoto: Samsung

Keunggulan utama televisi QLED 8K 98 inch tentulah resolusi yang diusungnya. Dengan resolusi tersebut, panel mampu menampilkan 33 juta pixel. Jumlah tersebut empat kali dari 4K UHD, atau 16 kali dari Full HD. Sehingga gambar tersaji sangat detail dan tampak nyata.

Didukung oleh Quantum HDR24x yang memungkinkan untuk menyesuaikan kurva PQ (Perceptual Quantizer) di setiap adegan menghasilkan warna-warna yang mendalam, tingkat kecerahan maksimum capai 5.000 nit dan detail sangat halus dengan kejernihan sinematik yang memukau. Sehingga makin menenggelamkan kita pada konten dan terasa seperti ada di dalamnya.

Tanpa Titik Pixel

Ukuran layar yang lebih besar membutuhkan lebih banyak pixel agar gambar tampil sempurna. Ini dihadirkan melalui resolusi 8K yang meningkatkan kerapatan pixel sehingga memberikan kualitas gambar yang lebih tajam.

Kerapatan pixel juga memperluas sudut pandang bila dilihat dari jarak yang sama sehingga menghasilkan efek yang menyeluruh. Memungkinkan menonton dari jarak yang lebih dekat ke televisi tanpa melihay titik-titik pixel pada layar.

Buat Apa Bayar Rp 1,5 Miliar untuk Sebuah Televisi 8KFoto: Samsung

Pandangan Luas

Samsung memperbaharui Ultra Viewing Angle yang memungkinkan backlight menembus panel TV lebih merata ke layar karena struktur panel yang ditingkatkan. Algoritma kalibrasi layar baru untuk meningkatkan sudut menonton TV. Ini menghadirkan kualitas gambar yang konsisten dari setiap sudut menonton tanpa silau atau pantulan di siang hari maupun di ruangan yang terang benderang.

Prosesor Mumpuni

Samsung mentenagai televisinya dengan Quantum Processor 8K. Tidak saja kinerjanya cepat, memungkinkan konten yang tayang ditampilkan lebih detail. Selain itu mampu mengoptimalkan suara di setiap adegan, menyesuaikan tampilan TV dengan interior ruangan, juga menggunakan asisten suara pintar.

Kecerdasan Buatan (AI)

Samsung membekali televisinya ini dengan kecerdasan buatan atau AI pada Machine Learning Super Resolution. Konten TV ditingkatkan menjadi kualitas 8K dengan detail lebih baik dan definisi yang dipertajam.

Machine Learning akan mengevaluasi jutaan gambar beresolusi rendah dan beresolusi tinggi. Semakin banyak konten yang ditonton pengguna, semakin banyak gambar yang dapat dipelajari dan meningkatkan kinerja proses ini.

Buat Apa Bayar Rp 1,5 Miliar untuk Sebuah Televisi 8KFoto: Samsung

AI akan membuat klasifikasi gambar beresolusi rendah dan beresolusi tinggi. Kemudian Quantum Processor 8K menciptakan formula untuk meningkatkan kualitas gambar yang sedang ditonton.

Samsung turut menggunakan AI untuk menganalisis audio bersamaan dengan gambar saat mengoptimalkan konten. Teknologi ini membantu menjaga tingkat suara dalam kisaran yang sama dan mengoptimalkan audio untuk setiap adegan secara real-time.

Auto Game Mode

Fitur Auto Game Mode ini secara otomatis dapat mendeteksi konsol gim lalu menyesuaikan dengan pengaturan TV. Dynamic Black Equalizer memberi pengguna visibilitas yang lebih baik dalam gelap dan menggunakan analisis adegan terperinci untuk mengoptimalkan kualitas gambar. Bahkan dapat meningkatkan suara, sehingga Anda dapat membenamkan diri dalam permainan.

Buat Apa Bayar Rp 1,5 Miliar untuk Sebuah Televisi 8KFoto: undefined

Layar Magic

Dengan fitur Magic Screen with Ambient Mode, Samsung QLED 8K 98 inch dapat mengubah tampilannya menjadi layar fungsional yang dapat berbaur dengan indah pada ruangan. Pengguna bisa menampilkan slide foto keluarga atau gambar latar belakang sederhana yang cocok dengan dinding Anda, sehingga menambahkan sentuhan dekoratif pada ruangan.

Samsung telah menghadirkan banyak variasi tema sehingga memungkinkan pengguna untuk mengatur Magic Screen with Ambient Mode secara lebih personal dan dapat disinkronisasi dengan musik ketika sedang tidak menonton televisi.

Sumber : https://inet.detik.com/consumer/d-4527190/buat-apa-bayar-rp-15-miliar-untuk-sebuah-televisi-8k

No comments

Tinggalkan Balasan