Oven Pabrik Briket di Campalagian Terbakar, Warga Panik

CAMPALAGIAN,- Peristiwa ini terjadi Kamis dini hari (28/03/19), sekitar pukul 02:15 WITA.

Salah satu oven pembuatan Briket  CV . HAS ( Hikmah Surabaya Arang) Cabang Sulbar, yang terletak di Jalan Sanjata, Dusun Pajjalungan, Desa Parappe, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, habis terbakar, hingga memicu kepanikan warga.

Dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Tinambung, warga bahu membahu memadamkan kobaran api dengan alat seadanya, sebelum semakin meluas ke tempat lainnya.

Kobaran api baru berhasil dipadamkan pada pukul 04:45 WITA.

Salah seorang karyawan mengungkapkan, kebakaran pada oven pembakaran akibat jebolnya plat besi pembatas oven sehingga api merembet langsung langsung ke briket di sekitarnya mengakibatkan kobaran api semakin membesar.

“ Awalnya kita sudah berupaya memadamkan dengan cara menyiramkan air, namun bukannya padam, kobaran api justru semakin membesar “  ujar Usman, saat memberikan keterangan pada Polisi

Terpisah Bhabinkamtibkas Desa Parappe, Aipda Nasruddin, mengatakan dugaan pemicu kebakaran ini, akibat suhu dalam oven briket yang terlalu panas “ kemunginan suhu dalam oven terlalu panas, sehingga menimbulkan api, untung saja dinding di sekitar oven pembakaran terbuat dari semen cor sehingga api tidak meluas ke bangunan lainnya “ kata Nasruddin, yang dikonfirmasi melalui telepon.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, kerugian yang diderita Sudirman (35 tahun), selaku pemilik usaha pabrik briket ini, ditaksir mencapai 15 juta rupiah.

Briket merupakan bahan bakar alternative, yang terbuat dari tempurung kelapa yang sudah diolah. Briket diharapkan dapat menjadi bahan bakar pengganti sebagai pilihan yang dibutuhkan masyarakat. (Thaya)

 

__Terbit pada
28/03/2019
__Kategori
Peristiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.