Menu

Malam Ini, Gempa Mag 4,9 dan Mag 3,8 Mengguncang Mamuju Tengah

MAMUJU TENGAH,- Gempa bumi tektonik mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, pada Rabu malam (30/01/19). Bahkan gempa gempa dua kali terjadi hanya berselang waktu tujuh menit saja.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar merilis data, gempa dengan kekuatan Magnitudo 4.9 Skala Richter terjadi pada pukul 19:35:40 WITA, berlokai di darat pada jarak 11 Kilometer Timur Laut, Kec.Budong-budong, Kab. Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, pada Kedalaman 10 Kilometer.

Berseleang 7 menit kemudian, tepatnya pad pukul 19:42:23 WITA, gempa kembali terjadi, namun dengan kekuatan lebih kecil Magnitudo 3.8 Skala Richter.

“ Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar aktif yang berdekatan dengan pusat epicenter “ tulis Plt Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar,  Joharman, SH, MM.

Gempabumi ini dirasakan di kec. Sarudu II MMI, dan tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Untuk itu, warga dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu, Salah seorang warga Nasrullah mengaku cukup kaget, lantaran getaran yang diakibatkan gempa ini cukup terasa “ lumayan, saya dan keluarga sempat berlari keluar dari rumah, apalagi sangat terasa getarannya dan berulang membuat saya dan keluarga semakin takut “ ujarnya, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon. (Thaya)

 

No comments

Tinggalkan Balasan