Teliti Konservasi Penyu, antarkan Siswi SMAN 1 Polewali raih prestasi nasional

Polewali,- Tiga siswi SMAN 1 Polewali Mandar mencatatkan prestasi nasional dalang ajang Essai Competition Forestweek 2018 yang diadakan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, pada Senin 29 Oktober lalu.

Mereka adalah Nurfadilah kelas XI IPA 2 dan Putri Indra Waspada Kelas XI IPA 5

Ketiga siswa SMAN 1 Polewali yang meraih juara dua atau runner up pada ajang nasional Essai Competition Forestweek 2018 UGM yakni Nurfadillah dan Muftihul Hijrah kelas XI IPA 2, Serta Putri Indra Waspada kelas XI IPA 5.

Ketiganya mengikuti lomba di UGM didampingi guru pembimbing Ridwan.

Hasil penelitian ketiga siswi yang mengantarkan mereka mendapatkan prestasi di tingkat nasional ini, menyangkut konservasi penyu antar kampung.

Tiga siswa SMAN 1 Polewali ini meneliti konservasi penyu antar kampung. Hasil penelitiannya dipresentasikan pada tim juri dari UGM Yogyakarta. Mereka berhasil meraih runner up setelah SMAN 3 Mojokerto Jawa Tengah.

Dalam lomba yang mengangkat tema “Inovasi pelajar dalam mendukung pembangunan berkelanjutan”, diikuti puluhan sekolah di Pulau Jawa dan luar Jawa. Sementara SMAN 1 Polewali merupakan salah satu dari tiga sekolah di luar pulau Jawa yang ikut lomba ini.

“Ketiga siswi ini tergabung dalam satu tim, kemudian memilih tema lingkungan hidup dari beberapa sub tema dalam lomba tersebut “

Siswa SMAN 1 Polewali mengangkat essai dengan judul Upaya Pelestarian Penyu untuk Menjaga Keseimbangan Ekosistem Laut Konservasi Penyu di Mampie Desa Galeso,” terang Ridwan.

Dalam ajang bergengsi ini, SMAN 1 Polewali yang masuk dalam 10 besar dari luar Pulau Jawa dan Bali “ saat pengumuman lomba, alhamdulillah siswa kami juara dua. Saat itu banyak peserta yang menangis haru ,” terangnya.

Kabar pelaksanaan lomba ini diperoleh siswi SMAN 1 Polewali, dari media sosial instagram, kemudian dilanjutkan dengan pendampingan dari guru pembimbing.

Penelitian yang dilakukan ketiga siswi ini, juga tidak terlepas dari bantuan aktivis Sahabat Penyu, Muhammad Yusri.

Prestasi yang ditorehkan ketiga siswi ini, menambah catatan prestasi yang telah diraih Siswa-Siswi SMAN 1 Polewali, setelah tahun sebelumnya menyabet gelar keempat dalam lomba penelitian ilmiah yang diadakan di IPB. (Thaya)

__Terbit pada
30/10/2018
__Kategori
Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.